Narrow Fabric Manufacturer | Sinar Sakti Union

Webbing Polipropilena dan Nylon, Mengenal Perbedaan Karakteristik Keduanya

Webbing polipropilena dan Nylon

Bagi anda para petualang dan pencinta alam yang suka mendari gunung pasti sudah tidak asing dengan webbing, yakni tali yang dapat membantu pada segala kondisi. Nah, dipasaran saat ini ada sejatinya memiliki dua jenis material yang digunakan pada webbing. Yakni Webbing polipropilena dan webbing nylon.

Kedua material ini terkenal dengan kekuatan dan ketahanannya, namun memiliki karakteristik dan penggunaannya masing-masing. Dari kedua tali webbing apa yang membedakan? berikut perbandingan kedua webbing ini.

Pengertian Webbing Polipropilena dan Nylon

Kedua webbing ini secara umum memiliki perngertian yang hampir sama, yang membedakan adalah dari sisi kekuatan dan ketahanannya terhadap kondisi dan lingkungan.

Webbing polipropilena terbuat dari serat polipropilena, menawarkan kekuatan dan ketahanan air yang tinggi. Bahan ini ringan, hemat biaya, dan mudah didaur ulang.

Sedangkan Webbing nylon terbuat dari serat nylon, terkenal dengan kekuatan tariknya yang luar biasa, elastisitas, dan ketahanan terhadap abrasi. Bahan ini tahan terhadap bahan kimia dan sinar matahari, namun lebih mahal daripada webbing polipropilena.

Webbing polipropilena dan Nylon (2)

Mengungkap Perbedaan Karakteristik

  • Ketebalan

Untuk Webbing tipis (1-2 mm), pada jenis Polipropilena sangat Cocok untuk tali pengikat barang ringan, tali tas, dan pakaian, Sedangkan Webbing Nylon Cocok untuk tali pengikat barang yang lebih berat, tali ransel, dan sepatu.

Untuk Webbing sedang (2-3 mm), jenis Webbing Polipropilena Cocok untuk tali pengaman, jaring pengaman, dan perlengkapan pertanian. Sedangkan Webbing Nylon: Cocok untuk sabuk pengaman, tali derek, dan perlengkapan panjat tebing.

Pada Webbing tebal (3-5 mm) Webbing Polipropilena dapat digunakan untuk aplikasi industri berat, seperti konstruksi dan pertambangan. Sedangkan Webbing Nylon dapat digunakan untuk aplikasi industri berat yang membutuhkan ketahanan abrasi tinggi, seperti industri otomotif dan penerbangan.

  • Kekuatan dan Tahan Lama

Dari sisi kekuatan dan tahan lama Webbing Polipropilena Memiliki kekuatan tarik yang tinggi dan tahan lama, namun tidak sekuat webbing nylon. Sedakan Webbing Nylon Memiliki kekuatan tarik yang luar biasa dan tahan lama, bahkan dalam kondisi ekstrem.

Jika dinilai dari Ketahanan Air Webbing Polipropilena lebih tahan air dan tidak mudah menyerap air.
Sedangkan Webbing Nylon mampu Menyerap air, namun dapat dilapisi dengan bahan water-resistant untuk meningkatkan ketahanan air.

  • Elastisitas

Untuk elastisitas Webbing Polipropilena kurang elastis dan mudah robek jika diregangkan berlebihan. Sedangkan Webbing Nylon lebih Elastis dan dapat kembali ke bentuk semula setelah diregangkan.

  • Abrasi

Untuk ketahanan abrasi Webbing Polipropilena Memiliki ketahanan abrasi yang cukup baik. Sedangkan Webbing Nylon Memiliki ketahanan abrasi yang sangat tinggi, ideal untuk penggunaan yang kasar.

  • Bahan Kimia

Webbing Polipropilena lebih tahan terhadap beberapa bahan kimia, namun tidak tahan terhadap semua jenis bahan kimia. Sedangkan Webbing Nylon Tahan terhadap berbagai jenis bahan kimia, termasuk asam dan basa.

  • Pengaruh Sinar Matahari

Webbing Polipropilena lebih Mudah pudar jika terkena sinar matahari langsung dalam waktu lama. Sedangkan Webbing Nylon lebih Tahan terhadap sinar matahari dan tidak mudah pudar.

  • Ketahahan Suhu

Untuk ketahanan suhu Webbing Polipropilena bisa meleleh pada suhu tinggi (sekitar 160°C). Sedangkan Webbing Nylon Memiliki titik leleh yang lebih tinggi (sekitar 220°C) dibandingkan webbing polipropilena.

  • Kelenturan

Webbing Polipropilena Kurang lentur dan mudah kaku. Sedangkan Webbing Nylon Lebih lentur dan mudah dibentuk.

  • Keramahan Lingkungan

Webbing Polipropilena lebih Ramah terhadap lingkungan dan mudah didaur ulang.Sedangkan Webbing Nylon Membutuhkan lebih banyak energi untuk diproduksi dibandingkan webbing polipropilena.

  • Harga

Dari sisi harga Webbing Polipropilena lebih murah dibandingkan webbing nylon.

Webbing polipropilena dan nylon memiliki karakteristik yang berbeda-beda. polipropilena lebih cocok untuk aplikasi yang membutuhkan ketahanan air, ramah lingkungan, dan hemat biaya. Webbing nylon lebih cocok untuk aplikasi yang membutuhkan kekuatan dan ketahanan abrasi yang tinggi, serta tahan terhadap bahan kimia dan sinar matahari.

Webbing polipropilena dan Nylon (2)

Perbandingan Karakteristik Webbing Polipropilena dan Nylon

KarakteristikWebbing PolipropilenaWebbing Nylon
Ketebalan1-5 mm1-5 mm
Kekuatan dan Tahan LamaBaik untuk bobot sedangLuar biasa, bahkan melebihi baja dengan berat yang sama
Ketahanan AirHidrofobik, tidak mudah menyerap airHigroskopis, menyerap air, dapat dilapisi water-resistant
ElastisitasKurang elastis, mudah robek jika diregangkan berlebihanMemiliki elastisitas yang baik, dapat kembali ke bentuk semula setelah diregangkan
Tahan AbrasiCukup baikSangat tahan terhadap abrasi
Tahan Bahan KimiaTahan terhadap beberapa bahan kimia, seperti asam dan basa lemahTahan terhadap berbagai jenis bahan kimia, termasuk asam dan basa kuat
Tahan Sinar MatahariRentan terhadap kerusakan akibat sinar matahariTahan terhadap sinar matahari dan UV
Ketahanan SuhuTitik leleh rendah (sekitar 160°C)Titik leleh lebih tinggi (sekitar 220°C)
KelenturanKurang lentur, mudah kakuLebih lentur dan mudah dibentuk
Keramahan LingkunganRamah lingkungan, mudah didaur ulangMembutuhkan lebih banyak energi untuk diproduksi

Webbing polipropilena dan nylon adalah dua material sebaguna dengan berbagai aplikasi. Pemilihan webbing yang tepat tergantung pada kebutuhan dan penggunaan Anda. Untuk melihat lebih jauh pengaplikasian Webbing polipropilena dan Webbing Nylon bisa di lihat disini,

Nah, jika Anda membutuhkan Webbing polipropilena dan Nylon, bisa menghubungi kami disini untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang webbing polipropilena dan webbing nylon. Kami juga menyediakan berbagai jenis webbing dengan kualitas terbaik dan harga yang kompetitif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *